Rabu, 10 Februari 2016

INDIHOME, Apa Itu FUP ?

Apa kabar Indihomers !

Sepertinya sekarang lagi trend memperbincangkan masalah FUP (Fair Usage Policy). Banyak yang berpandangan minus dengan munculnya kebijakan baru tersebut, khususnya pelanggan maupun calon pelanggan Indihome yang belum mengetahui secara gamblang akar permasalahannya. Mungkin tulisan ini sedikit banyak bisa dipahami dan membuat wacana baru bagi anda sekalian atas kebijakan tersebut.


Pada intinya, Telkom menerapkan FUP bagi pelanggan Indihome dengan tujuan melindungi pengguna normal dari pemanfaatan pemakaian berlebihan oleh heavy user. Soalnya, satu pelanggan heavy user dapat mengganggu tujuh pelanggan normal pada saat trafik masuk ke international internet gateway.

Telkom membagi paket FUP mulai 10 Mbps hingga 100 Mbps. Simulasinya, jika pengguna Indihome dengan paket 10 Mbps, maka kecepatan akan turun menjadi 75% dari 10 Mbps jika penggunaan melabihi batas Fair Usage sebesar 300 Gb. Seandainya melebihi batas Fair Usage sebesar 400 Gb, kecepatan akan turun menjadi 40% dari 10 Mbps.

Berikut ini grafik batas penggunaan Fair Usage secara rincinya.



Apabila anda pengguna Indihome, anda dapat melihat batas Fair Usage anda disini
Jadi menurut pandangan saya, pelanggan tidak perlu terlalu panik dan mudah tersulut dengan opini yang kurang jelas. Ketahui dulu, kemudian dimengarti, selepas itu pahami regulasinya. Dan sepertinya, tidak hanya Telkom saja yang memberlakukan seperti ini, kompetitor/pesaing juga menerapkan hal yang sama.

Semoga tulisan ini bisa sedikit mencerahkan pandangan anda terhadap Indihome.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar